Jumat, 14 Januari 2011

apa yang dimaksud animasi kartun ?

Animasi berasal dari animate yang berarti menghidupkan, memberi jiwa dan menggerakkan benda mati. Jadi yang dimaksud film animasi adalah film yang berupa gambar yang seolah-olah hidup dan bergerak.

Keberadaan animasi berkat penemuan Paul Rogest (dari Perancis). Ia menemukan thaumatrope. Thaumatrope adalah semacam alat berupa piringan bundar dengan tali di kedua sisinya. Satu permukaan piringan itu bergambar burung, di permukaan sebaliknya ada gambar sangkar kosong. Kalau piringan itu diputar, akan tampak gambar seolah-olah burung itu berada di dalam sangkar.

Kini animasi telah berkembang menjadi beberapa jenis:
- dua dimensi (2D),
- tiga dimensi (3 D), dan
- animasi clay.

2 D
- akrab dengan kita
- biasa disebut dengan film kartun.

Kartun berasal dari cartoon, artinya gambar yang lucu. Kebanyakan film karton adalah film yang lucu. kebanyakan yang populer adalah film-film Disney. Namun bapak animasi kartun bukan Walt Disney, melainkan Winsor McCay. Beliau yang membuat kartun berjudul Gertie the Dinosaur (1914).

3D
- atau computer generated image (CGI)
- menghasilkan film animasi yang gambarnya benar-benar seperti hidup dari tiga dimesni, tak sekedar datar.
- studio CGI yang terbesar adalah Pixar yang ada di Emeryville-California.

animasi clay
- jarang kita dengar,
- sebenarnya merupakan nenek moyangnya animasi karena animasi pertama yang dalam bentuk clay.
- Meski namanya clay (tanah liat), yang dipakai bukan tanah liat biasa.
- animasi clay memakai plasticine, bahan lentur seperti permen karet yang ditemukan tahun 1897.
- Tokohnya dibuat dengan memakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnyaa. Kemudian kerangka ini ditutup dengan plasticine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian tubuh kerangka ini, seperti tngan, kaki, bisa dilepas dan dipasang lagi. Setelah tokohnya siap, kemudian difoto gerakkan per gerakan. Baru setelah itu, foto-foto digabung menjadi gambar yang bisa bergerak, seperti yang kita tonton di film.
- pertama kali dirilis bulan Februari 1908. berjudul A Sculptor's Welsh Rarebit Nightmare.

Kebanyakan film-film kartun merupakan produksi Amerika, namun Jepang pun tak kalah memproduksi anime, sebutan khusus untuk fim animasi Jepang. Tidak semua anime ditujukan untuk anak-anak.

Anime juga terdiri dari beberapa jenis. Yang membedakan bukan cara pembuatannya, melainkan formatnya.
- serial televisi, OVA dan
- film bioskop.

Studio Ghibli, banyak memproduksi anime. Salah satu yang kita kini kita kenal adalah Doraemon. Film-film bagus banyak diproduksi, dan ditonton untuk segala usia. Studio Ghibli ini seperti Disney-nya Jepang.

Kita kenal juga Riginal Video Animation. Ia adalah animasi yang beredar dalam bentuk video dan ceritanya tidak sama dengan anime yang di serial televisi. Biasanya berupa cerita tambahan dari serial yang diputar di televisi.

Animsi di negri kita. Di tahun 1980-an ada film animasi Si Huma, merupakan serial televisi yang menjadi favorit anak-anak pada jamannya.

Kini, animasi mulai berkembang dengan banyaknya studio-studio animasi. Kebanyakan adalah 3D (CGI) karena cara pembuatannya lebih mudah. Hanya bermodal komputer dan tidak harus memiliki keahlian menggambar. Sedangkan animasi clay peralatannya mahal sekali dan pembuatannya lebih rumit daripada animasi 2D maupun 3D.

Kini paham bukan perbedaan antara animasi, kartun dan anime? Lebih suka yang mana Anda???


Lebih lanjut tentang: Apa Beda Animasi dan Kartun?

1 komentar:

:) mengatakan...

wooo.............
nggone wong to ?!!

Posting Komentar